WALHI NTT DAN SMA-N 4 KOTA KUPANG ADAKAN LOMBA BACA PUISI TINGKAT SD, SMP DAN PIDATO LINGKUNGAN HIDUP TINGKAT SMA/K SE-KOTA KUPANG

Kegiatan lomba baca puisi tingkat SD dan SMP, serta lomba pidato tingkat SMA/K se-Kota Kupang dilaksanakan untuk menyongsong perayaan hari bumi dan kegiatan Konsultasi Nasional Lingkungan Hidup (KNLH), Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI). Kegiatan yang dilaksanakan bersama SMA Negeri 4 Kota Kupang sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional pada tanggal 10 sampai 11 april 2017 ini berlangsung meriah dengan partisipasi sekolah-sekolah, baik SD,SMP, maupun pada tingkat SMA/K se-Kota Kupang.

Dalam sambutannya mewakili Direktur WALHI NTT, Umbu Tamu Ridi menyatakan bahwa ada beberapa hal penting yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini. Pertama untuk menumbuh kembangkan dan mengedukasi siswa-siswi sejak dini terkait pentingnya menjaga lingkungan, misalnya dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat. Kedua memberikan pemahaman terkait problem lingkungan hidup dan kerusakan ekologis akibat pembangunan di NTT yang tidak berwawasan ekologis dan ketiga meningkatkan minat siswa-siswi dalam menuangkan idenya dalam puisi maupun pidato.

Menurut Umbu, problem kerusakan ekologis merupakan problem dan tanggungjawab bersama semua pihak. Semua manusia memiliki hak yang sama untuk menghirup udara dan menikmati lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga pelestarian lingkungan merupakan kewajiban bersama semua elemen masyarakat, baik itu pihak sekolah, pihak swasta ataupun pihak-pihak lain yang secara langsung menikmati alam dan lingkungan di Nusa Tenggara Timur, dan khususnya Kota Kupang. Oleh karena itu kegiatan ini melibatkan siswa/i SD, SMP dan SMA/K se-Kota Kupang.

Perwakilan kepala sekolah SMA Negeri 4 Kota Kupang, Refafi Kana dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga dengan demikian generasi muda di Kota Kupang mempunyai kesadaran untuk mencintai lingkungan. Zulkarnain, selaku ketua dewan juri juga mengaku terharu ketika menyaksikan penampilan siswa/i saat berlaga menyampaikan idenya melalui pidato dan deklamasi mereka. “Saya terharu, anak-anak dengan usia belia seperti mereka saja kok begitu sadar akan manfaat lingkungan sekitar, apakah mungkin kita tidak sehidup hati dan pikiran mereka?” ujarnya seusai mengumumkan juara lomba baca puisi (11/04/2017).

Siswa berprestasi yang menjuarai lomba pidato adalah Herlofina A. Edon (SMA Kristen Cira Bangsa), sementara lomba baca puisi di juarai oleh Vetor Bijak Anakang (SMPN 2 Kupang) dan Jein Esra Ohorela (SDI Bertingkat Kelapa Lima).

(Rima Melani Bilaut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *