Kadis LHK NTT Larang Hotel Gunakan Botol Plastik

Kupang, WALHI NTT, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Fredi J. Kapitan larang pengunaan air minum dalam kemasan botol pada kegiatan Lokakarya Kajian Kegiatan Wajib AMDAL, UKL/UPL dan SPPL. Larangan disampaikan kepada panitia kegiatan dan seluruh peserta kegiatan yang hadir (28/05/19).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh peserta dari seluruh kabupaten/kota se-NTT ini, air minum dalam kemasan botol tersusun rapi di atas meja pembicara maupun peserta kegiatan. Melihat banyaknya air minum dalam kemasan botol ini, Ferdi melontarkan kritik. “Untuk yang ke sekian kalinya, timbul tenggelam, di depan kita ada botol aqua yang tentu menunjukan ketidakkonsistenan kita’’, ujar Fredi.

Sebelumnya Fredi telah menegur pihak menajeman hotel sebanyak tiga kali terkait dengan penggunaan air minum dalam kemasan botol. Kepadanya, pihak hotel telah menyanggupi untuk tidak lagi menggunakan air minum dalam kemasan. Namun sampai pada hari kegiatan ini, ternyata air minum dalam kemasan botol masih tersusun rapi di atas meja pembicara maupun peserta kegiatan.

Menurutnya menjaga kelesatarian lingkungan jangan seperti calo. “Jangan sampai kita seperti calo, mengajak orang pergi ke Atambua naik bis tapi kita sendiri tetap tinggal ditempat. Kita mengajak orang untuk memperhatikan lingkungan, tidak menggunakan kemasan plastik di dalam pelayanan tetapi kita sendiri tetap (mengunakan air minum dalam kemasan botol).”

Ferdi berharap agar penerapan eco office dapat dijalankan di masing-masing unit kerja. “Bapak Ibu sekalian juga kita harapkan, di tingkat masing-masing unit kerja sedapat mungkin bisa menertibkan konsep eco office, kebijakan berkantor ramah lingkungan di masing-masing unit kerja. Salah satunya dengan tidak menggunakan kemasan atau wadah yang nantinya akan bisa menjadi sampah”, ungkapnya.

 

Dominikus Karangora

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *